jump to navigation

Sepatu Kaca Cinderella September 19, 2006

Posted by fauzan.sa in Uncategorized.
trackback

Tidak ada yang tidak tahu Cinderella. Cerita dongeng klasik yang selalu diperdengarkan dari masa ke masa. Puluhan film dibuat oleh produser yang berbeda, walaupun kadang versinya lain-lain. Tapi, intinya tetap sama. Kebaikan akan menang. Puteri Cinderella yang baik hati, akhirnya hidup bahagia selamanya. Benarkah begitu? Saya tidak setuju.

Cinderella memang cerita yang sederhana. Bahkan cenderung klise. Bagaimana tidak? Menurut saya, Cinderella itu mbahnya dongeng anak-anak. Bahkan ternyata, tidak hanya dongeng anak-anak. Cinderella adalah mbahnya telenovela dan sinetron-sinetron Indonesia. Anda nggak percaya? Coba perhatikan, berapa banyak cerita Latin dan Indonesia yang temanya mirip? Perempuan muda yang miskin, menderita, baik hati, dan tentu saja cantik, akhirnya hidup bahagia selamanya. Tentu saja setelah mengalahkan sang musuh besar yang jahat, yang ingin merebut kekasihnya. Bahkan, cerita-cerita (sok) Islami juga memakai tema ini. Tapi, apa definisi hidup bahagia menurut cerita-cerita itu? Ternyata hidup bahagia artinya punya uang banyak, kekuasaan yang besar, serta suami yang tampan dan baik hati. Itulah definisi hidup bahagia menurut Cinderella.

Nah, sekarang bagaimana anda bisa menilai cerita itu sebagai cerita yang baik? Cerita anak-anak yang layak untuk dinikmati? Jangan tertipu, ini adalah cerita perusak anak-anak yang paling terkenal! Jangan tertipu dengan kata-kata “baik”, karena ganjaran orang baik hanyalah materi. Cerita ini tidak mengajarkan menjadi orang baik, melainkan mengajarkan orang menjadi materialistis. Intinya, orang baik layak dapat harta yang banyak, kekuasaan yang besar, serta suami yang baik dan tampan. Ini adalah cerita yang mendidik anak-anak kita menjadi materialistis dan kapitalistis. Jadi, mulai sekarang, jauhkan anak-anak anda dari cerita Cinderella dan sejenisnya.

Tapi, ternyata tidak selamanya seperti itu. Jika cerita-cerita epigonnya sudah pasti mengajarkan hal yang buruk, tidak demikian dengan Cinderella itu sendiri. Ini bukan berarti kita kemudian membolehkan anak-anak untuk melihatnya, bukan begitu. Makna dari cerita ini agak dalam, jadi tidak mungkin anak-anak bisa melihat behind the story. Saya berpikir seperti itu gara-gara teman saya bercerita tentang meaning of meaning. Yah, sebuah karya sastra memang mempunyai meaning of meaning. Begitu pula dengan cerita ini. Tentu saja, meaning of meaning itu menurut penafsiran saya. Hehehe … .

Coba kita ingat kembali cerita ini. Apa kunci perubahan nasib Cinderella? Paling tidak, ada tiga hal yang membuatnya “hidup bahagia selamanya”. Pertama, peri. Peri yang entah darimana asalnya membuat Cinderella bisa datang ke pesta dansa. Yang kedua, tentu saja kecantikan Cinderella. Kalau dia tidak cantik, bagaimana pangeran bisa jatuh hati padanya dan mencari-carinya? Yang ketiga, pemujaan pangeran terhadap kecantikan, membuatnya mencari sang primadona pesta ke seluruh negeri. Ketika bertemu, dia tidak peduli Cinderella miskin, yang penting cantik. Jadi, tentang apa ini semua? Ini adalah tentang seorang wanita miskin yang berpikir uang adalah segala-galanya, dan tentang seorang pria kaya yang berpikir wanita cantik adalah segala-galanya. Kata-kata “baik” hanyalah tempelan.

Tapi, tentu saja semua itu sudah kita tahu. Namun ada hal istimewa dalam cerita ini, yaitu sepatu kaca. Karena sepatu kacalah, segala impian itu bisa terwujud. Karena sepatu kaca, segala penderitaan itu lenyap. Tapi, tidakkah anda melihat ada yang aneh di sini. Di antara segala sihir peri, hanya sepatu kaca yang tidak berubah. Pakaian Cinderella berubah menjadi rombeng. Kereta berubah menjadi labu. Kusir dan kuda berubah menjadi kadal dan tikus. Tapi, sepatu kaca Cinderella tidak berubah menjadi sepatu kain tambal-tambalan. Ini menyatakan, satu-satunya yang nyata dari seluruh ilusi sihir itu adalah sepatu kaca. Seolah-olah penyihir ingin menyatakan, sihirku hanya sebatas sepatu kaca. Nah, itulah makna sebenarnya dari cerita Cinderella.

Tahukah anda seperti apa sepatu kaca? Pernah memakai sepatu kaca? Bagaimana mungkin, ketika dikatakan, sepatu kacanya tertinggal ketika Cinderella berlari, tapi tidak pecah? Bagaimana mungkin, ketika Cinderella berdansa dengan pangeran sepatu itu tidak pecah. Itu kaca lho. Pake hak tinggi lagi. Memangnya Cinderella seringan bulu? Itulah arti cerita ini. Segala hal yang bersifat materi, hanyalah serapuh sepatu kaca. Anda berpijak padanya, tentu saja akan pecah. Tapi, sepatu kaca yang tidak pecah hanya ada di dalam cerita Cinderella. Materi yang bisa membuat seseorang hidup bahagia selamanya, hanyalah Cinderella. Jangan gantungkan hidup anda pada materi, karena semuanya itu sangat rapuh. Saya pikir, inilah yang selama ini ingin disampaikan pengarangnya. Bukan pangerannya, bukan perinya, tapi sepatu kaca. Janganlah hidup memakai sepatu kaca. Janganlah hidup hanya mementingkan hal-hal duniawi saja.

Komentar»

1. joe ganteng donk ah...setidaknya kata tika, kekekekekeke! - Oktober 11, 2006

healah…kang…
kalo menurut aku sih, ketika kita membahas tentang dunia anak2 maka berpikirlah memakai sudut pandang anak2. kalo nekat pake sudut pandang org dewasa jadinya ya kayak gitu: nggak masuk akal, penuh konspirasi, nggak sehat, kapitalis, materialisme, dsbnya :) padahal, anak-anak sendiri saya jamin pikirannya nggak akan sampe situ. dulu, saya juga menganggap cerita cinderella itu indah lho…dan nyatanya saya dan teman2 di generasi saya juga nggak terlalu terracuni seperti yang kangmas takutkan, hehehehehehehehe. biarkanlah anak2 hidup berbahagia dalam sudut pandangnya sebagai anak2. kalo nuruti pola pikir orang dewasa, doraemon juga jadi nggak sehat , ya tho?

rudi puspaindah - Desember 9, 2009

setidaknya kamu kan bisa tau mana yg dongeng mana yg gak ,lha wong namanya dongeng aja di tela ah mentah 2n di ubrek2 kan hanya cerita tidur intinya kan kalo kita usaha pasti ada hasilnya itu tok ,aku juga dulu waktu kecil banyka di dongengin segala macam cerita tapi gak gw upyak upyek kaya loe kita tinggal terima kalo ada sisi positipnya ya kita ambil n bermanfaatlah ,tapi kalo kita bedah tiap cerita n dongeng ,kita cuma bisa diplomasi aja tanpa tindakan ,iyo ra……….piye tho jenengan kui.dunia anak2 kan gak terbatas imajinasinya aja masih kesana kemari ga juntrung arahnya ,kita hanya bisa ngendalikan lewat kata and inti dari cerita .ok salut mas kamu emang paten kali dalam bedah artikel

2. zulfiana - Oktober 18, 2006

yoi mas, yang memori anak2 tu kuat,bahaya(mungkin?)
dukung aja lah,

Regards,
zfa

3. Aswad - November 8, 2006

Eh Jay, pernah denger kaca anti peluru?

Mungkin sepatu kacanya cinderella memakai bahan yang sama.

:))

dina - Juni 10, 2011

Sepatu Kacanya tu palsu yg membuat nggak pakek kaca tapi pakek bulu hewan…

4. isti - Februari 19, 2007

mungkin ada baiknya anda cantumkan kira2 cerita yang cocok dan mendidik itu yang seperti apa, biar ga terkesan semua cerita anak2 kurang mendidik. soalnya aku juga lagi cari referensi buat cerita anak2 yang mendidik

Ibnu Saud - Desember 9, 2009

CERITANYA UNTUK MENDIDIK ANAK AGAR MAU JADI ASTRONOT , JADI BERI JUDUL AJA ; ” CENDOLRELA DENGAN SEPATU KAYU TERBANG TAMASYA KE BULAN DAN BINTANG ” ….. HE HE HE HE …. ^_^

5. hary - Mei 17, 2007

saya tau sepatu kaca juga stelah gedhe dan di kota, waktu kecil nggak bayangin bgitu, tp anak saya skrg stlh lihat cinderella jd tdk seperti jaman saya dulu ya…terlalu cepet dewasalah.. tp katanya gambarnya bagus lho..pak

6. prominensa - Agustus 11, 2007

mas aswad….
jaman cinderella dah ditemuin cara bikin kaca anti peluru yach….
kayaknya baru-abad kemaren dech ditemuinnya.
perinya habis maen ke masa depan yach….

aq setuju kata bang jay kok

7. dinda - September 30, 2007

adoh…cinderella?? Emeng klo diliat dari sudut pandang orang dewasa tuh jd aneh!!! jd kagak masuk akal. but,untuk anak2… ya gitu-itu cih bagus!! Adek aku aja seneng bgt ma crita2 gitu!! Ya klo aku sih biarin aja. itu kan jg melatih imajinasi anak. Asal gak jadi obsesinya dia!!

8. icha - September 30, 2007

kasi naskahnya juga dong , ,
kan siapa tau ad yang butuh

Ibnu Saud - Desember 9, 2009

ICHA … NASKAHNYA DISKUSIKAN AJE AME ISTI …..

9. gek - November 12, 2007

Gek suka ma crita ini,soalnya penuh fantasi gitu deh…
Lagian buat anak2 ga masalah juga buat orang dewasa,seperti halnya cinderella yang selalu sabar , sopan dan baik hati. Secara ga langsung itu udah mendidik kita untuk lebih dewasa dan jika kita melakukan kebaikan maka kebaikan pulalah yang akan kita tuai nantinya.

g3k”

10. ginanjar rahardi - Februari 3, 2008

aneh … dongeng jangan dilogika dong .. dari pertama aja udah fantasy .. mulai dari tikus ajaib atau labu atau apa gitu … so biarka seperti itu .. anak2 lo pada suka … pissss

11. RAHAZAMAN - Februari 9, 2008

nape pikiran mu begitu kolot?? namanya pun kisah dongeng, dah tentu critanya enggak logik kadang2. tp bagus untuk anak2 kecil supaya lebih bersemangat, ada contoh yang baik untuk diikut…

12. 4 cute girl - Februari 23, 2008

4 cute girls

salam kenal…………
CINDERELLA?????ach….denger kata itu so sweet dech,kita2 mau bikin drama CINDERELLA nich,,,so doa in kita2 za moga menang dalam lomba.ocey…..
CINDERELLA is the best ocey………………………..

warna putih bunga kamboja
warna merah bunga mawarku
salam kenal dari kita2
cewek cantik buat kamu

13. MRS. M - Februari 24, 2008

BOLEH MINTA DIALOG TENTANG CINDERELLA GA SEH.
KLO GA, KU KATAIN JELEK LHO!

14. ga ada nama~ - Februari 29, 2008

apa?

15. Aji Nugroho - Maret 4, 2008

SUKA BGT DGN DONGENG INI KARENA CERITANYA SEDIH-SEDIH BAHAGIA GITU DECHH….POKOKNYA LOVE BGT….

16. dyera - April 6, 2008

aku suka banget ma dongeng ini soale aku pernah meranin sosok cinderella…2x dan yang jadi pangerannya orang yang suka ma aku.wuihhhh pokoknya seneng banget dehhhhh……………

17. Inhole Delay 500 ms - April 12, 2008

Ada satu lagi dongeng yang kurang mendidik bagi anak-anak:
“Serdadu dan pemantik api ajaib”

Tinggal pantikkan pemantikmu dan anjing penjaga harta akan datang memenuhi permintaanmu…hehehe

18. tj - April 13, 2008

cari buku tentang psikologi anak yang banyak ya, mas.
peace!

19. resha valentine - April 26, 2008

buatlah cerita snow white ke,cerita sleeping beauty.

20. Panji - Agustus 21, 2008

kwkawkawkaw

~_~” keren juGa tuch heheheheh . . . .

21. bohah - September 14, 2008

dari jaman dahulu kala…
dijelaskan… dan dibuat ulangan…
pantun = sajak a b a b
peribahasa = perumpamaan
soneta = karangan lagu
dongeng = suatu cerita fantasi

lah… cinderella itu dongeng ndes….

22. karambia - November 11, 2008

gila loh…
it dongengnya ank2 kale…
jgn pkr ma logika…

23. katupek - November 11, 2008

mas….
masa kecil lo suram kale????
kacian deh lo……!!!!!!
wakakakakakakakakakakakakakakakaka…..>>>>
orang anh lo….
hu…..????
klu adk gw yg baca bisa diketawain lo….
adk gw aj dh bs mikir lo mgkn udh bpk2 blom bisa mikir lo ad gangguan jiwanya y????>>>><<<<

24. caam - November 11, 2008

fefefefefefefefefefefefeffefefeefefeffefefefefefefererererrerererererrererrelc;s;s;skhfcuwocfhyfgcjsgc
]ydfitgju i8duyi iwd8y7iw w8yde8iwy wy8ediw w8ydiq w87yd udy i9tdyq

25. monkey lo - November 11, 2008

AQ hnya CINTA KMU,,
BKN CNTA monyet,,
stngah CNTA ATWPUN CNTA gila,,
CNTA Q yg bsa MMBAHAGIAKAN QMU,,
AGR QMU mmbaca ISI HATI Q,,
AQ SNGAJA TLIS LWAT fs ne,,

(bca yng hruf kcil adja yak)

hahaha…

konyol - November 24, 2010

monyet ketemu monyet

26. Salitha - November 17, 2008

S___e___r___u…. D___u___n___k….

ya gak???

27. _sla... - Desember 14, 2008

cerita itu cangt menariiiiikkkkkkkkkkkk……..??????

and lucu….

tapi jg romantizzz,,,,,,…………………..sehhhh

hwakakakakakakkakakakakkak…….;-)

28. ree - Desember 26, 2008

mana dialog nya…..
ko ga da sech…

29. RΘxxΨ - Januari 21, 2009

Azyik yach crtx……dah seru n’ romantizzz bgt…..
Di tonton ulang2 jg g bakalan bzn thu!! ;-)

30. iQa luph youri - Februari 4, 2009

kerennnn !! andai aku cinderella pastyy pcr q bhgia … hhahhahha!!

31. Nni - Februari 24, 2009

Sebagai pendongeng bagi anak-anak, kita orang dewasa musti pandai-pandai menyisipkan nilai-nilai kebaikan yang lebih bermanfaat, dari sekadar “kecantikan” dan “materi”. Salah sendiri kalau cerita cinderella yg melegenda itu dibahas sebatas cerita aslinya dan dilogikai apa adanya. Anak-anak juga akhirnya tahu, sosok peri itu hanya ada dalam dunia dongeng. Sekalian aja jelaskan, bahwa dalam dunia nyata mana ada kereta bisa berubah jadi labu… karena secara struktur materi keduanya jauh berbeda…dll, dll… Siiip lah anak-anak ajak sekalian berfikir fisika, dan perubahan-perubahan semacam itu hanya ada dalam dunia dongeng, sekali lagi DONGENG ! Selamat mendongeng !

32. subekti - Februari 28, 2009

kamu itu monyet kan kalau aku manusia atau kamu gorila ih………. aku jadi takut sama kamu

33. retno - Maret 3, 2009

ya ampyun mazzzzz,aq tuh da tugas buat dialog drama.
tyuz dialognya mana nich……………???????????
coz gie butuh banget, urgen g2 dech…….

34. shabrina - Maret 16, 2009

cinderella…hmmmm kayaknya kurang menarik..!
habisan mana ada…. sepatu dari kaca, dan gak
bisa pecah..! dari plastik kaliiiiiiiii……..!

35. sabrina - Maret 16, 2009

duhhhhhhh knp ga ma putri2 yg lain
coz kurang menarik kalau putri cinderella..
doank…!btw kok gak pakai dialog dramanya..?
bnyk yg minta tuh…..!

36. aurelia - Maret 17, 2009

ini mah bkn cerita tapi curhat
ha……….ha……….

37. fatan - Maret 21, 2009

curhat???? CURHAT MAKSUD LOH…!!!!

38. Gusti Iwan - Maret 28, 2009

ini bukan cerita namanya tapi curhat

39. mamabanititi - Maret 31, 2009

hehehe, penalaran kamu mengenai inti cerita cinderela boleh juga tuh… dan kalau direnungi rada bener juga. lalu mengenai anak-anak sekarang. yang bisa saja menyukai cerita cinderela tersebut .. kayaknya memang termasuk katagori, kematerialistisan. di mata anak-anak, mereka hanya merasakan gambaran yang terlihat di depan mereka, bukannya merenungi seperti yang anda lakukan (yang bukan anak2 lagi ya) emang sih yang namanya kemewahan, keindahan, ketampanan itu menghibur. siapa sih yang suka keburukan, kemiskinan dan semacam itulah… tapi jika seusia dini mereka dikenalkan ke dunia tersebut, pandangan mereka perlahan namun pasti akan mencetak kesan pertama tersebut sampai mereka dewasa dan tua. makanya banyak yang korupsi di negara kita… mimpi mereka adalah hal – hal semacam yang di impikan oleh si cinderela.. jadi mereka tidak pernah mengerti kalau di balik cerita tersebut ada makna seperti yang anda paparkan,.. jadi emang jika ingin memberantas korupsi sedari dini, jauhkan cerita cinderela dari anak-anak… sebaiknya kenalkan mereka akan arti sebuah perjuangan .. tidak mandang dia itu kaya, miskin, tampan, jelek… andai mereka berjuang, maka sesuatu yang didamba akan menjadi kenyataan… dan adakah cerita seperti itu ??????

40. sabrina - April 9, 2009

duh…….pucing…singkat aza napa….
pasing tahu bacanya….!

41. Ivan Satya Dharma - April 18, 2009

hyyyyyy q ,o lht video’y
tauhhhhh
q ga mo lht ceritanya you knowww

42. im areas - April 29, 2009

namanya juga dongeng…, kalo banyak yang nggak masuk akal ya wajar dunk..!!!!

43. ulan - Juni 20, 2009

hahahahahhaa

44. ricky_eka - Juli 22, 2009

ada novel yang isinya lanjutan dari cinderella, snow white n sleeping beauty. klo ini ceritanya intrik kehidupan rumah tangga mereka, n konflik” yang lain.
jadi dari titik ini sudut pandangnya berubah, jadi ternyata setelah menikah itu konflik yg dihadapi jadi lebih berat.. lebih real ceritanya, walau emang tetep dongeng, tapi disini bisa diliat klo selama hidup, masalah itu akan ada, ga bisa happy eper apter..

tapi crita cinderella bermasalah sih, tu kan penggambaran dari prilaku psikologis yang akhirnya disebut sebagai “cinderella syndrom”, orang yang ga mau berusaha merubah diri, tapi cm menunggu n berharap ada seseorang yang datang ngerubah jalan hidupnya.

45. pantura - Juli 31, 2009

yg saya cari lagu anak sepatu kaca,mana liriknya

46. gian - September 4, 2009

ha mana mungkin kali ada sepatu kaca aneh tau ga sic :-/

firna - Desember 1, 2009

gak boleh ketawa

Ibnu Saud - Desember 9, 2009

HA HA HA HA HA … HI HI HI HI HI … SEPATU KEKECILAN …

47. Maisie - September 5, 2009

Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip_lhaaaa…..
I Like It!!!

48. viekha cutez - September 9, 2009

iya…..iya!!!!! gw jga dah tw koq

hehehe…..!!!!! ^_^

49. xx - September 18, 2009

klo menurut saya….berdasarkan ulasan mas ttg kapitalin..hal ini bagus buat anak anak, karna sejak dari kecil anak2 sudah didik menjadi kapitalis..biar udah besar nanti gak repot…karna dia sudah bisa mementukan sendiri mau jadi apa…gak jadi orang susah mas…..

50. Nurleli - September 26, 2009

Tl0ng dong, ap aja nilai2 m0ral n peribahasa yg ada d crta cinderella. . .

51. herbi ratri - Oktober 16, 2009

????….

52. cita - Oktober 29, 2009

gk ada ceritanya malah di jelasin asal mulanya gmn sich??????

53. atun nianti - November 13, 2009

cinderella jaman sekarang kaya gimanah yh???

pengen deh kaya cinderella enak x yh,,,,
py qw ga mw pna ibu ‘n sdra tiri ah…….. ugh amit” dh…………

segalak-glak’y ibu qw py msih na p’saan, klo ibu tiri??????????
mna qt tw hti’y ky gmn?

konyol - November 24, 2010

CINDERA LA KAYAK ATUN aku setuju hehehe

54. firna - Desember 1, 2009

cinderella tuh rame tau,,,,

55. riska - Desember 5, 2009

wow, ceritanya seru buanget deh…..

56. jual sepatu - Januari 10, 2010

iya neh,,, ceritanya sngt menghibur…

57. gilang andika - Februari 5, 2010

sepatu kaca cinderella itu gila ?

toh leh2 - Februari 11, 2010

ya….sepatu tu gila ka,,,,,,ada phm ka?????

=toh leh2

58. ain - Maret 19, 2010

emg seru sh ceritaya
is the best.

59. iiz - April 5, 2010

cariin drama anak2 yg bagus ya………

60. woro - Juni 15, 2010

haduh…cerita cinderela tuh bagus beyudsz….

61. miftah - Juni 22, 2010

kqlau menurut aku sih cerita cinderella itu bagus asyik pokoknya deh bagus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

62. amelia ramadhanty - Agustus 14, 2010

kalau kataku ceritanya seru

63. rofa - Agustus 15, 2010

cind

64. rifa - Agustus 15, 2010

cinderella itu memang baik hati dan juga cantik.

65. Ra_2 - Agustus 25, 2010

uuuuuuuuuuuuggggggggggggghhhhhhhhhh……………..
gk da naskah_na

66. cee adeg - Oktober 8, 2010

adeg ge nyarig dialog cerita cinderella nii

67. CROCS Murah kw Super - Januari 26, 2011

apakah jaman sekarang masih ada yang namanya CINDERELLA ??

albert - April 3, 2011

ada ajah heheheheheheheheheh

68. albert - April 3, 2011

gm gimana saih bego bgt banyak yg ngebagglah
ngecheatlah bego bgt

69. Berita Saya - Juli 6, 2011

Sepatu Kaca Cinderella &laquo; Gathering Wisdom…

Cinderella memang cerita yang sederhana. Bahkan cenderung klise. Bagaimana tidak? Menurut saya, Cinderella itu mbahnya dongeng anak-anak. Bahkan ternyata, tidak hanya dongeng anak-anak. Cinderella ada……

70. amel - September 9, 2011

kalo saya sih ya!trs saya juga suka kasetnya :smile: :cry:

71. amel - September 9, 2011

:cry: :cry: :cry: :cry: :cry:
cry: :cry:

72. INDARTI AGUSTINA - September 30, 2011

cinderlella itu asli/tidak sih?
jawab


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: